Bunda Begini Cara yang Benar Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dan Balita Tanpa Obat

Posted on 2017-04-30 10:42



Pada saat bayi sedang menderita gejala flu yang disertai dengan batuk, pasti bayi akan mengalami gangguan pada pernafasannya. Hal ini dapat disebabkan oleh karena lendir atau dahak yang cukup banyak pada saluran pernafasannya, jika kondisi seperti ini tidak segera diatasi maka dapat membuat bayi mengalami kesulitan bernafas. Jika dibawa ke dokter, bayi biasanya akan diberi obat kimia atau bahkan di uap untuk mengencerkan dan mengeluarkan dahaknya.

Tapi kalo bunda semua tahu caranya, bunda dapat melakukannya sendiri dengan cara alami yang tentunya lebih aman bagi sang buah hati karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya.Lalu, bagaimana caranya? Jika bunda mau tahu caranya, simak informasinya berikut ini.

    Pertama-tama bunda siapkan satu atau dua siung bawang putih, lalu geprek agar aroma dan sari patinya dapat keluar dengan maksimal. Setelah itu, masukan bawang putih tersebut pada wadah atau panci yang berisi air panas mendidih yang masih mengeluarkan uap.
    Selanjutnya, tengkurapkan bayi atau balita pada pangkuan bunda dan simpan panci atau baskom yang berisi air panas tepat berada di bawah wajah atau kepala bayi dan pastikan kepala bayi berada lebih rendah dari kakinya agar dahak dapat lebih terdorong keluar.
    Kemudian, tepuk-tepuk bagian kanan dan kiri punggung bayi atau balita dengan tangan bunda yang dibentukan “cupping” untuk membantu mengeluarkan dahak yang menumpuk pada saluran nafas anak dan paru-paru buah hati anda. Pada saat menepuknya pastikan tidak terlalu keras dan juta tidak terlalu pelan.
    Pada saat melakukan proses ini, bunda jangan panik jika anak anda menjerit-jerit dan menangis dengan sangat kuat. Malah itu lebih bagus, karena paru-paru akan menjadi mengembang pada saat anak sedang menangis sehingga akan lebih memudahkan dahak keluar lebih banyak.
    Lakukan cara ini selama 10 menit, 1-2 kali sehari. Ulangi sehingga simptom-simptom (dahak/lendir ) berkurang.

Catatan :

    Lakukan pada pagi hari setelah bayi atau balita bangun tidur dan pastikan belum di beri minum susu.
    Pastikan juga sebelum melakukan cara ini bayi dijemur terlebih dahulu dibawah sinar matahari pagi, agar dahak menjadi encer dan mudah di keluarkan.
    Jangan dilakukan pada saat anak sedang batuk atau demam

Nah, begitulah bunda cara mengeluarkan dahak pada bayi dan balita. Cara ini juga dapat dilakuakan pada anak-anak.Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.





loading...


"Ada dua perkara yang jika Anda Amalkan, Anda akan mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat: Menerima sesuatu yang tidak Anda sukai, jika sesuatu itu disukai Allah. Dan membenci sesuatu yang Anda sukai, jika sesuatu itu dibenci oleh Allah.” - Abu Hazim





Artikel Lainnya
X
Like & Share