Sebenarnya Cairan Putih Lunak Apa Sih yang Keluar Saat Jerawat Dipencet?

Orang suka memencet jerawat di wajahnya, selalu ada benda putih yang keluar dari jerawat?. Apa sih benda putih ini? Apakah sesudah benda putih itu dikeluarkan, jerawat bakal lebih cepat sembuh?

Sekresi dari sebum : jerawat

Benda putih itu adalah sekresi dari sebum. Lemak hasil dari sekresi dari kulit itu warnanya putih, dan sekresi berlebihan dari lemak akan menyebabkan pori-pori tersebut jadi tersumbat sampai menjadi jerawat, karena kulit bagian luar kita terserang udara terlampau lama, jadi teroksidasi menjadi tua warnanya, bila jerawat tumbuh dan tdk dibersihkan, akan teroksidasi menjadi hitam, sekresi warna putih tadi yaitu lemak yang tidak teroksidasi.

Beda bentuk beda komponen :

Berbentuk strip saat waktu dipencet
Apabila berbentuk strip waktu dipencet, mungkin merupakan jerawat yang kecil (acne). Komponen utama yang terdapat di
dalamnya yaitu sebum dan bakteri, dan kebanyakan jerawat kecil memiliki kandungan tungau.
Cairan putih yang keluar ketika dipencet

Ini merupakan sekresi dari sebum, namanya asam lemak. Terbentuk karena sebum menhasilkan sekresi berlebihan, sampai menyebabkan kelenjar sebaceous untuk melepaskan asam lemak lebih untuk disekresikan, dan terbentuklah jerawat.

Keluar benda putih saat jerawat di pencet ≠ jerawat ingin sembuh

Banyak orang mengira seandainya benda putih di jerawat itu dikeluarkan, maka jerawat akan cepat sembuh, sebenarnya ini yaitu pemikiran yang ternyata salah. Di wajah ini terdapat banyak pembuluh darah, dengan cara pencet yang salah akan menyebabkan kuman banyak masuk, serta terjadinya infeksi, akibatnya adalah membuat kondisi jerawat makin buruk, meninggalkan bekas jerawat, scar, dan lainnya...

Bagaimana cara agar jerawat cepat sembuh :

Jaga pola makan, jangan makan terlampau asin, banyak minum air, sayuran serta buah.
Jaga kebersihan wajah, gunakanlah sabun dan alat cuci muka anti bakteri, serta berefek detoksifikasi, membantu mengobati infeksi.

Pakailah obat perawatan muka yang mengandung manfaat anti jerawat, atau menggunakan obat berupa salep dari petunjuk dokter untuk menghilangkan jerawat.



loading...

Leave a Comment